FaQ


FAQ Dealer
Apakah nomor HP master dealer bisa melakukan pengisian pulsa ke konsumen langsung?
Nomor yang terdaftar sebagai dealer dapat melakukan pengisian pulsa langsung ke pembeli.

Bagaimana cara mendaftarkan downline?
Ketik SMS KR.PIN.NOHPDOWNLINE.SELISIHHARGA dikirimkan ke smsc, dari sistem akan mendapatkan jawaban bahwa no downline telah aktif beserta nomor store-id. Langkah selanjutnya master dealer menginformasikan ke downline store-id dan pin-nya yaitu pin standar 1234.

Bagaimana dealer mendapatkan komisi atau keuntungan?
Komisi/Keuntungan/Margin dealer adalah selisih harga dengan harga downline
atau agennya langsung. Komisi tersebut langsung masuk secara real time ke saldo master dealer, begitu semua downline (sampai kedalaman level 20) melakukan transaksi pengisian pulsa.
Apakah downline bisa langsung mengisi atau menambah saldo dengan cara transfer ke rekening bank ANiSKOM, atau harus lewat rekening bank dealer?
Downline mengisi saldo, dengan cara transfer uang ke rekening bank Dealer. Tentunya Dealer harus mempunyai cukup saldo untuk mengirim saldo ke downline. Untuk itu dealer harus mempunyai stock saldo yang mencukupi.

Apakah downline dapat melakukan transfer saldo downline ke downline yang lain?
Yang berhak transfer saldo ke downline langsung dibawahnya hanyalah upline-nya.

Bagaiman cara mengetahui jumlah transaksi harian/bulanan, jumlah komisi, jumlah saldo downline?
Sebagai dealer dan semua downline, akan diberikan fasilitas web admin, untuk melihat transaksi harian maupun bulanan dari downline. Tata cara operasional web admin, dapat di lihat pada petunjuk penggunaan Web Admin Komunitas.

Bagaiman aturan untuk setting harga?
Harga yang disediakan oleh
ANiSKOM untuk untuk Dealer adalah harga dasar yang diberikan untuk Agen.
Setting harga untuk semua produk untuk level berikutnya ditentukan oleh uplinenya pada saat pendaftaran.
Upline bisa rubah harga per denom untuk masing-masing downlinenya.
Perubahan harga terhadap downline tidak boleh lebih kecil dari harga pokok upline-nya.

Berapa saldo minimum yang harus ada agar bisa transaksi?
Saldo setelah transfer, Reverse transfer dan transaksi harus tidak kurang dari Rp 25 Ribu.

Bagaimana prosedur mendaftarkan agen?
Yang berhak mendaftarkan agen adalah dealer. Dealer yang mendaftarkan no hp agen, melalui perintah sms ke smsc.
Informasi pendaftaran dikirimkan ke agen oleh dealer : id:01, pin:123456 store_id
Apakah maksudnya biaya sms (ssi operator)?
Biaya sms adalah biaya yang dipotongkan dari pulsa HP, bukan saldo agen. Seperti biasa kalau HP mengirim sms akan kena biaya sms sesuai dengan tarif operator mana yang kita gunakan. Kalau kita mengirim ke smsc short number 6611, tidak akan kena biaya sms atau gratis.
Bagaiman prosedur transfer saldo ke agen?
Dealer dapat melakukan transfer saldo ke agen setiap saat 7×24 Jam. Tetapi untuk nominal yang sama hanya bisa dilakukan satu kali dalam 24 Jam untuk agen yang sama. Agen akan menerima notifikasi sms dari datacell bahwa telah menerima transfer saldo. Jadi dealer tidak perlu memberitahu ke agen. Saldo agen, saat itu juga akan dikirim atau real time.
Apa yang harus dilakukan bila salah transfer Saldo ke Agen?
Langkah yang harus dilakukan adalah :
  • Blok agen melalui website (lihat petunjuk penggunaan web admin)
  • Ketik ”PA. Salah transfer ke agen DTC-XXXXX-SXXXXX no Hp 081XXXXXX sebesar rp. XXX.XXX mohon dapat direfund” di kirimkan ke SMSC
  • Saldo akan ditarik/dikembalikan ke Dealer H+2 (hari kerja)
  • Buka kembali blokir agen melalui website
Langkah di atas tidak diperlukan bila Agen bersedia untuk transfer uang ke Dealer.
Apakah agen bisa langsung mengisi atau menambah saldo dengan cara transfer ke rekening bank datacell, atau harus lewat rekening bank dealer?
Agen mengisi saldo, dengan cara transfer uang ke rekening bank Dealer. Tentunya Dealer harus mempunyai cukup saldo untuk mengirim saldo ke agen. Untuk itu dealer harus mempunyai stock saldo.
Apakah agen dapat melakukan transfer saldo pulsa ke agen lain?
Yang berhak transfer saldo ke agen hanyalah Dealer atau Sub Dealer.
Bagaimana prosedur mendaftarkan sub dealer?
Dealer bisa mendaftarkan sub dealer. Syarat no HP menjadi sub dealer adalah no HP tersebut harus terlebih dahulu terdaftar sebagai agen. Cara mendaftarkan sub dealer, dari HP Dealer Ketik CHGDS.ID.PIN.StoreIDAgen.
Contoh : CHGDS.01.123456.DTC-30199-S121345. Dikirimkan ke SMSC nomor panjang. Waktu layanan : 7×24 jam.
Fasilitas apa yang bisa dilakukan oleh Sub Dealer?
Sub Dealer dapat mendaftarkan Agen dan transfer saldo ke Agen yang didaftarkan oleh sub dealer tersebut.
Bagaimana komisi/keuntungan/margin yang akan diperoleh Sub Dealer?
Pemberian komisi tergantung kebijakan marketing dealer masing-masing. Komisi berupa bonus/rebate dapat dibayarkan oleh Dealer ke Sub Dealer dapat berupa saldo yang ditansfer ke saldo sub dealer atau bisa juga transfer uang ke rekening bank sub dealer. Semua transaksi sub dealer beserta agen dibawahnya dapat di lihat di web admin.
Bagaiman cara mengetahui jumlah transaksi harian/bulanan, jumlah komisi, jumlah saldo agen?
Sebagai dealer, akan diberikan fasilitas web, untuk melihat transaksi harian maupun bulanan dari sub dealer/agen, sms yang dikirimkan, saldo agen dan payment. Dealer akan mendapatkan user dan password untuk akses web admin. Tata cara operasional web, dapat di lihat pada petunjuk penggunaan Web Admin Dealer.
Bagaimana prosedur agen untuk hapus/ganti nomor HP Agen?
Agen mengajukan perubahan tersebut ke dealer. Kemudian dealer yang melakukan perubahan melalui HP Master dealer, dengan cara kirim sms ke SMSC. Format SMS dapat di lihat pada brosur/price list dealer.
FAQ Agen
Setelah melakukan pendaftaran, apa yang harus dilakukan?
Agen akan mendapat ID, PIN dan Store ID
ID terdiri dari 2 digit, sedangkan PIN terdiri daroi 6 digit.
Selanjutnya Agen melakukan deposit saldo
Bagaimana cara deposit saldo?
Transfer ke salah satu rekening :
  • Bank BCA no. rek. 8070343348
  • Bank BRI no. rek. 024101010978500
  • Bank BNI no. rek.
Setelah melakukan transfer, Agen melakukan konfirmasi dengan mengirim sms ke 08170767422, dengan format sebagai berikut :
  • Bila Transfer Antar Rekening Bank
    Ketik : PB.BankTujuan.StoreID.NamaAgen.NamaPengirim.
    NoRekening.NoHPAgen.JmlhUang
    Contoh : PB.Mandiri.DTC-XXXXX-SXXXXXX.AlifCell.FarhanAlif.
    142XXXXXX.0812345678.250000
  • Bila Setoran Tunai
    Ketik : PB.BankTujuan.StoreID.NamaAgen.NamaPengirim.
    NoValidasi.NoHPAgen.JmlhUang
    Contoh : PB.Mandiri.DTC-XXXXX-SXXXXXX.AlifCell.FarhanAlif.
    Val8670001T.0812345678.250000
Selanjutnya, saldo agen akan di-topup/ditambah sebesar uang yang ditransfer, termasuk kode unik.
Agen akan menerima notifikasi, jika saldo telah di-topup
Bagaimana cara cek saldo?
Ketik INQ.ID.PIN contoh INQ.01.123456 kirim sms ke SMSC
Apakah setiap reply SMS dari server Datacell, dikenakan biaya?
Agen tidak dikenakan biaya atas reply SMS status transaksi maupun informasi lainnya. Reply SMS adalah gratis, kecuali cek harga voucher melalui SMS.
Bagaimana cara cek harga voucher?
Harga voucher dapat di lihat melalui
  • Website d-cell.com pada menu pricelist.
  • SMS dengan cara ketik CEKHRG.ID.PIN.PRODUCT(tanpa angka nominal)
    Contoh: CEKHRG.01.123456.SAT dikirimkan ke SMSC
Dikenakan biaya Rp. 150;, yang dipotong langsung dari saldo Agen.
Bila ada perubahan harga,
ANiSKOM akan menginformasikan ke Agen melalui SMS, tidak dikenakan biaya atau gratis.
Bagaimana cara isi pulsa ke pembeli?
  • Cek saldo pulsa HP Pembeli
  • Cek saldo deposit Agen
  • Ketik PRODUCT.ID.PIN.NOHPPEMBELI
    contoh isi pulsa Flexi nomor 03171500001 sejumlah Rp.10.000;
    Ketik F.10.01.123456.03171500001 kirim sms ke SMSC
  • Tunggu beberapa saat, Agen akan dapat notifikasi datacell. Sedangkan HP Pembeli dapat notifikasi dari Operator HP
Apakah agen bisa melakukan pengisian pulsa lebih dari satu kali untuk nominal voucher dan nomor pembeli yang sama?
Agen bisa melakukan pengisian maksimum 2 kali dalam kurun waktu 24 jam untuk pengisian vocher dengan nominal dan nomor pembeli yang sama, dengan format PRODUCT.ID.PIN.NOHPPEMBELI.2
Contoh F10.01.123456.03171500001.2
Bagaimana cara ganti PIN Agen?
Ketik CHGPIN.ID.PINLAMA.PINBARU
Contoh CHGPIN.01.123456.888888 kirim sms ke SMSC
Bagaimana cara melihat rekap/laporan transaksi?
ketik DET.ID.PIN.TglBlnThn
Contoh DET.01.123456.21042007 kirim ke SMSC
Apakah satu account deposit dapat menggunakan lebih dari satu HP?
Bisa, maksimal 2 nomor HP untuk satu account Agen, silahkan kirim sms ke SMSC
dengan format : TAMBAHNO.ID.PIN.NoHPBaru
Contoh : TAMBAHNO.01.123456.08881234567
Dikenakan biaya Rp. 2.000; dipotong langsung dari saldo Agen.
Apakah nomor HP Agen dapat diganti?
Bisa, silahkan kirim sms ke 08113416611 dengan format :
PA.Ganti Nomor StoreID NoHPLama dengan NoHPBaru Alasan
Contoh : PA. Ganti Nomor DTC-XXXXX-SXXXXX 0815123456 dengan 0815654321
Waktu Layanan : Senin-Jum’at 09.00 – 17.00 Wib
Untuk penggantian No HP Agen, dikenakan biaya Rp. 2.000; akan dipotongkan dari saldo Agen.
Apakah nomor HP Agen bisa dihapus?
Bisa, silahkan kirim sms ke 08113416611 dengah format
PA.Hapus Nomor StoreID NoHP Alasan
Contoh : PA. Hapus Nomor DTC-XXXXX-SXXXXX 0815123456 karena digunakan untuk keperluan lain
Waktu Layanan : Senin-Jum’at 09.00 – 17.00 Wib
Apa yang mungkin menyebabkan transaksi gagal?
Transaksi dapat gagal disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Pulsa HP Agen habis
  • Saldo deposit Agen habis
  • PIN salah
  • Kode voucher salah
  • No HP Pembeli salah
  • Sistem DataCell atau Operator sedang mengalami gangguan sementara
Untuk transaksi yang gagal tetapi saldo agen terpotong. Saldo akan direfund pada jam 17.00 Wib hari berikutnya. Khusus transaksi Jum’at, Sabtu dan Minggu, akan direfund pada jam 17.00 Wib hari Senin berikutnya.
Bagaiman cara cek status transaksi?
Ketik STATUS.PRODUCT.ID.PIN.NOHPPEMBELI
Contoh : STATUS.SAT.10.01.123456.0815100000 kirim ke SMSC nomor panjang atau 6612 dari Fren
Waktu layanan : Setiap hari 24 Jam.
Bagaimana apabila ada masalah dalam transaksi?
Silahkan kirim sms ke SMSC nomor panjang atau 6612 dari Fren
dengan isi PC.CEK STATUS. No Seri Transaksi (SN). Product. Tanggal Transaksi. No HP yang diisi pulsa
Contoh PC.CEK STATUS. SN 3456789. Tel.5. 1Jan08. 08133XXXX
Waktu Layanan : Setiap hari 08.00 – 22.00 Wib
Apakah Price List (Daftar Harga) Agen, adalah harga jual ke Pembeli?
Price List Agen adalah daftar harga dasar/modal Agen, jadi bukan harga jual
ke Pembeli. Agen dapat menentukan harga jual untuk pembeli sesuai kemampuan market/pasar di wilayah masing-masing.
Bagaimana Agen memperoleh keuntungan?
Setiap Agen bebas menentukan harga jual sesuai dengan pasaran sekitarnya. Agen memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dengan harga dasar Agen.
Apakah deposit Agen akan habis dalam kurun waktu tertentu?
Deposit Agen tidak memiliki masa hangus atau expired, dan tidak akan berkurang apabila tidak dipergunakan untuk melakukan transaksi. Tetapi apabila dalam kurun waktu 60 (enam puluh) hari berturut-turut, Agen tidak pernah melakukan transaksi, PT. Datacell Infomedia berhak melakukan reset saldo Agen menjadi nol dan atau mencabut keanggotaan agen tersebut.
Bagaimana jika Agen mengalami kesulitan yang lain?
Agen dapat menghubungi
ANiSKOM melalui email ke : kadekaniskom@yahoo.co.id
Bottom of Form